Rabu, 23 Maret 2005

Perkembangan Kepandaian Bayi Hingga Usia 1 Tahun

Kayaknya ini artikel terakhir berkaitan dengan tema di atas, soalnya si bayi udah sampai umur 1 tahun nih. Yuk kita lihat apa aja sih kepandaian normal si bayi dari umur 10 bulan hingga 1 tahun...

Umur 10 Bulan
Si bayi normalnya bisa mengangkat pantatnya dan berayun pada tangan dan lutut mungilnya. Dia juga mulai belajar berdiri sambil berpegangan. Coba Anda berikan biskuit kepada bayi Anda...wow, si kecil sudah bisa menjepitnya dengan kedua jari tangan!

Umur 11 Bulan
Wah, pasti Anda sudah kewalahan ngejagain si bayi...abis, si kecil sudah mulai merangkak! Ditambah lagi, dia mulai belajar berjalan ke samping dengan merambat di tembok. Coba Anda tuntun si bayi berjalan...biasanya dia juga udah bisa tuh!

Umur 1 Tahun
Akhirnya...si bayi kayaknya udah bukan bayi lagi ya? Abis dia udah bisa berjalan sendiri sih! Alhamdulillah, dia juga mulai bermain kejar-kejaran dan dapat mengerjakan tugas-tugas sederhana!

OK, begitulah gambaran kemampuan kepandaian bayi dari sejak lahir hingga berumur 1 tahun. Nah, kalau ternyata bayi Anda perkembangannya agak lambat, jangan keburu kecewa dan jangan juga terus memaksa si bayi untuk bisa melakukan kepandaian tertentu. Terkadang si bayi memiliki kelebihan di sebagian hal dan memiliki kekurangan dalam hal lain. Titip cium ya buat bayi Anda dari saya!

sumber: T. Helbruge

Tidak ada komentar:

Posting Komentar