Minggu, 31 Oktober 2010

Apa Itu Kanker Payudara ?

Kanker payudara adalah tumor ganas yang tumbuh di dalam jaringan payudara. Kanker bisa mulai tumbuh di dalam kelenjar susu, saluran susu, jaringan lemak maupun jaringan ikat payudara.

Penyebab
Sampai saat ini belum diketahui penyebabnya secara pasti, tetapi ada beberapa faktor resiko yang menyebabkan seorang wanita menjadi lebih mudah menderita kanker payudara, faktor resiko tersebut adalah:
  1. Usia. Sekitar 60% kanker payudara terjadi pada usia diatas 60 tahun. Resiko terbesar ditemukan pada wanita berusia diatas 75 tahun.
  2. Pernah menderita kanker payudara. Wanita yang pernah memiliki resiko tertinggi untuk menderita kanker payudara.
  3. Riwayat keluarga menderita kanker payudara. Wanita dengan ibu, saudara perempuan atau anak menderita kanker, meiliki resiko 3 kali lebih besar untuk menderita kanker payudara.
  4. Faktor genetik dan hormonal.
  5. Pernah menderita penyakit payudara non kanker.
  6. Menarke (menstruasi pertama) sebelum usia 12 tahun, menopause setelah usia 55 tahun, kehamilan pertama setelah usia 30 tahun atau belum pernah hamil.
  7. Pemakaian pil KB atau terapi hormon estrogen. Pil KB meningkatkan resiko terjadinya kanker payudara, yang tergantung pada usia, lama pemakaian dan faktor lainnya. Terapi estrogen yang dijalani lebih dari 5 tahun juga meningkatkan resiko kanker payudara dan resiko meningkat jika pemakaian lebih lama.
  8. Obesitas (kegemukan) pasca menopause. Beberapa penelitian menyebutkan obesitas sebagai faktor resiko kanker payudara kemungkinan karena tingginya kadar hormon estrogen wanita yang gemuk.
  9. Pemakaian alkohol. Pemakaian akohol lebih dari 1-2 gelas/hari bisa meningkatkan resiko kanker payudara.
  10. Bahan kimia. Beberapa peneitian menyebutkan pemaparan bahan kimia yang menyerupai estrogen (yang terdapat di dalam pestisida dan produk industri lainnya? mungkin menyebabkan resiko terjadinya kanker payudara.
  11. DES (dietilstilbestrol). Wanita yang mengkonsumsi DES mencegah keguguran memiliki resiko tinggi menderita kanker payudara.
  12. Penyinaran. Penyinaran (rontgen) terutama pada dada pada masa kanak-kanak bisa meningkatkan resiko terjadinya kanker payudara.
  13. Faktor resiko lain. Bebebrapa penelitian menunjukkan bahwa kanker rahim, ovarium, dan kanker usus besar serta adanya riwayat kanker pada keluarga bisa meningkatkan resiko terjadinya kanker payudara.
GEJALA
Gejala awal berupa adanya benjolan yang biasanya dirasakan berbeda dari jaringan payudara sekitarnya, tidak menimbukan nyeri dan biasanya memiliki pinggiran yang tidak teratur. Pada stadium awal, jika didorong oleh jari tangan, benjoan bisa digerakkan dengan mudah di bawah kuit. Pada stadium lanjut, benjoan biasanya melekat pada dinding dada atau kulit sekitarnya. Pada kanker stadium anjut, bisa terbentuk benjolan yang membengkak atau borok di kulit payudara.Kadang kulit di atas benjoan mengkerut dan tampak seperti kuit jeruk.

Gejala lainnya yang mungkin ditemukan :
  1. Benjolan atau massa di ketiak.
  2. Perubahan ukuran atau bentuk payudara.
  3. Keluar cairan yang abnormal dari puting susu (biasanya berdarah atau berwarna kuning sampai hijau, mungkin juga bernanah).
  4. Perubahan pada warna atau tekstur kulit pada payudara, puting susu maupun areoa (daerah berwarna coklat tua di sekeliing puting susu)
  5. Payudara tampak kemerahan.
  6. Kuit di sekitar puting susu bersisik.
  7. Puting susu tertarik ke daam atau terasa gatal.
  8. Nyeri payudara atau pembengkakan salah satu payudara.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar