Kamis, 21 Oktober 2010

Sesaat Setelah Bayi Lahir

Peluklah dia untuk pertama kali
Saat melihat buah hati hadir pertama kali, tentu merupakan saat paling membahagiaakan bagi ayah dan ibu. Kenangan ini tidak akan terlupakan seumur hidup.
Begitu bayi lahir sebaiknya ibu segera memeluk, menimang dan mengajaknya berbiaca. Do'akan dia semgoa menjadi anak yang shalih dan bertaqwa. Ini adalah prosedur sederhana namun penting sebagai awal terjalinnnya hubungan antara ibu dan anak, serta awal perkembangan emosi-sosial, kognitif dan kecerdasan bayi. Pada umumnya bayi yang dipeluk, ditimang dan diajak bicara oleh ibunya pada jam-jam pertama kelahiran akan lebih kuat ikatan batin dengan orang tuanya sehingga kelak ia lebih percaya diri, dan lebih cerdas di kemudian hari.

Selain dipeluk usahakan memberi ASI (Air Susu Ibu) dengan jalan mencoba menyusuinya meskipun ASI belum keluar. Sebaiknya hal ini dilakukan dalam waktu kurang dari 1 jam setelah bayi lahir. Sebelum ibu merasa mengantuk karena lelah setelah melahirkan.

Pentingnya tangisan pertama
Lazimnya sesaat setelah dilahirkan, bayi akan menangis. Inilah masa peralihan yang penuh keajaiban. Setelah berada di rahim ibu sekitar 40 minggu. Tangisan pertama bayi menandakan sehatnya bayi. Justru bila bayi tidak menangis dalam rentang waktu cukup lama, ibu harus waspada. Bisa jadi bayi kekurangan oksigen dan akan mempengaruhi jaringan otaknya.

Sesaat setelah bayi dilahirkan, paru-parunya akan mengembang. Warna kulit bayi akan mengalami perubahan dari semula tampak abu-abu kebiruan menjadi kemerahan di saat denyut nadinya mulai membaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar