Selasa, 03 Mei 2011

Malas ANC

Sejak hamil pertama, aku memang agak ogah-ogahan ANC. Kalau nggak dipaksa suami atau ortu, nggak mau ANC. Jadilah waktu itu ANC ketika kehamilanku sekitar 24 minggu. Waktu itu kenapa malas ANC alasannya macem-macem. Selain karena merasa baik-baik saja, aku juga sedikit belajar apa perubahan seorang ibu hamil, jadi kadang suka meriksa kandunganku sendiri (periksa TFU nya). Waktu itu periksa ke Sp.OG karena suami ingin memastikan, kalau kehamilanku baik-baik saja en pengen tahu jenis kelamin bayinya. Tapi pengalaman periksa pertama kali ke Sp.OG, membuatku makin malas ANC.. Antrinya banyak banget, datang jam 4 sore, jam 7 malam baru diperiksa. Kayaknya bu sulis (Sp.OG tempat aku periksa), tahu aku coass  makanya ditanya dah punya vitamin belum di rumah? jawabku sudah... (biarpun nggak pernah takminum sebenarnya, karena mencoba minum sekali, bukannya enak, malah mual muntah nggak karuan, so menghentikan minum vitamin/calcium selama kehamilan).
Yah.. sejak itu jadi malas ke Sp.OG lagi... Sering ditawari residen obgyn, diperiksa di RS, tapi maluuu... kayaknya risih banget mesti buka-buka baju (biarpun di depan perempuan), makanya mending nggak usah diperiksain aja.
Kehamilan kedua juga sama, cuma 1 x ANC selama kehamilan. Kehamilan ketiga periksa ketika UK 8 minggu karena ngflek-ngeflek terus.. ternyata mola hidatidosa dan mesti dikuret.
Nah.. sekarang hamil ke 4, biarpun "sedikit" banyak keluhan dibanding kehamilan sebelumnya, karena sejak hamil 4 minggu, aku mengalami hiperemesis yang luar biasa... aku tetep males ANC. Sudahlah... insyaaalloh hal yang normal. Sempat minum mediamer B6 untuk mengurangi emesis, tapi ternyata nggak terlalu banyak pengaruhnya, makanya sama kayak hamil sebelumnya, aku menghindari minum obat maupun tambahan suplemen. Aku optimis saja asal makan yang bergizi, insyaalloh asupan giziku sudah cukup, tidak perlu tambahan zat besi, calcium, asam folat dll. Apalagi susu ibu hamil... mending beli susu UHT saja ^^. Suamiku pernah membelikan CDR, tapi kayaknya setelah minum perut malah perih, jadi CDR nya diminum suamiku sama anak-anak.  Madu juga nggak pernah kuminum, kalau minum madu malah mualll, (kecuali madu Nusantara sih, tapi kok harganya sekarang mahal ya?), apalagi sari kurma, dari baunya saja, sudah eneg...
Aku emang orang yang dari kecil, sangat susaaaah minum obat. Sampai mertuaku juga heran, sukanya nyuruh orang minum obat, minum obat sendiri nggak mau..  Habis obat baik kimia atau herbal, rasanya pahit semua... mencium baunya sudah mual.hehehe.

Yah.. semoga saja biarpun nggak ANC, semuanya berjalan normal sampai melahirkan nanti. Tetap semangat dan optimis  ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar