Selasa, 21 Juni 2011

Biaya Masuk TK

Tahun ini dek hanif rencananya sudah masuk TK. Nggak masuk play group tapi langsung TK saja deh, biar ngirit =). Biarpun aku sebenarnya nggak menargetkan hanif masuk TK supaya hanif bisa baca, tulis, baca iqro, hafalan dsb. Hanif masuk TK, karena memang anaknya kayaknya sudah pengen sekolah. Biarpun di rumah juga sudah mau "sedikit"  belajar bareng um, tapi aku menganggap hanif perlu masuk TK juga. Karena kalau nggak skul, seringnya kalau pagi malah main-main nggak jelas sama anak-anak di perumahan. Kadang malah diajak main ke rumah tetangga. Mending kalau cuma main main mobil-mobilan, sepak bola, pasir, atau bermain sepeda. Kadang hanif diajak nonton TV atau main PS sama temannya di perumahan. Padahal kalau pagi seringnya aku harus dinas ke RS, jadi nggak bisa ngawasi tiap hari. 
Lagipula penting juga masuk TK (kalau menurutku...), bukan target bisa baca tulisnya, tapi  lebih ke pengajaran motorik halus dan motorik kasarnya. Suka lihat karya anak-anak di TK yang dilatih origami, mencocok, kolase, menanam dan membuat beberapa ketrampilan yang lain. Kalau urusan ketrampilan gini umm harits kan "blank", nggak bakat dan nggak kreatif sama sekali. Jadinya nggak bisa ngajari ketrampilan apa-apa ke anak-anak. Kalau calistung, iqro, hafalan, do'a-do'a aku memang pengennya anak-anak belajar di rumah sama aku wae... hehehehe (sok PD...). Makanya sejak harits sudah sekolah TK, aku nggak disiplin banget urusan masuk skulnya. Kalau umm nggak dinas pagi, nggak masuk sekolah juga gpp, anak agak capek atau pas males skul, bolos juga gpp :P. Enjoy saja. Yang penting sekolah dibuat fun.

Biaya masuk TK hanif  untuk kota kecil kayak sini lumayan mahal juga. Padahal bukan full day. Hari senin - kamis : masuk jam 7.15-11.00. Hari jum'at-sabtu : masuk jam 7.15-10.00. Tapi nggak apa-apalah...semoga saja memang yang terbaik buat hanif.
Biaya pendaftaran : Rp.125.000 ; uang pengembangan Rp. 350.000 ; uang seragam Rp.280.000; (belum termasuk biaya penjahit), peralatan sekolah (sudah lengkap, kecuali sepatu dan tas) Rp. 150.000; kalau tahun kemarin SPP Rp.75.000; belum tahu tahun ini, biasanya nunggu rapat orang tua murid. Tapi dibanding biaya masuk TKIT di kota-kota besar, biaya segitu lumayan murah mungkin ya.. Kakakku di Depok cerita kalau di Depok minimal Rp.10 juta, wallohi.. mahal banget euy...heran juga kenapa biaya sekolah sekarang mahal ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar