Kamis, 23 Desember 2010

Akhirnya Harits Khitan

Rabu kemarin tepat jam 10.15 WIB, harits akhirnya dikhitan. Alhamdulillah, Alloh subhanahu wa ta'ala memudahkan dan memberi kelancaran.

Sebenarnya niatnya dulu harits dikhitan di hari ke-7 bareng Nasikah (Aqiqah, red). Qodarulloh, waktu itu kan masih tinggal bareng ortu, 'n ortu khawatir banget cucu pertamanya dikhitan di usia 7 hari makanya gak jadi. Waktu usia 2 tahun, ketika harits dah tak ajak kerja di RS, Harits sudah mau ditawari dikhitan. Tetapi setiap mau dikhitan ada aja halangan, makanya belum dikhitan juga. Mumpung sekarang lagi libur semester dan anaknya emang dah minta sendiri, kita mutusin khitan sekarang aja, darpada ditunda-tunda, takutnya ntar harits malah yang takut dan nggak mau.

Awalnya ingin khitan ke tempat praktek dokter bedah di sini, tetapi karena prakteknya malam, akhirnya aku nyari perawat yang biasa khitan saja. Di RS kan banyak banget perawat yang jago khitan. Mengapa nggak aku sendiri yang khitan ? Takuttt... hehehe. Ntar klo kenapa-kenapa, bisa nyesel seumur hidup. Tapi perawat-perawat pada nggak mau coba ketika tak minta khitan anakku. Katanya malah nggak Pede, khitan anaknya bu dokter.. walah apa hubungannya coba? (beban mental kali ya... ). Aku diajak teman sejawatku ketemu langsung dokter bedah aja, pas nyari di Ruang Operasi, ketemunya dokter bedah paling senior di sini, yang orangnya emang "hati-hati" banget. Beliau setuju khitan Harits tapi dengan GA (General Anestesi) dan dilakukan di IBS (Instalasi Bedah Sentral) karena Harits phimosis juga siih, huaa, agak kaget juga...:( tapi dah terlanjur minta saran, ya sudah aku setuju aja.

Esoknya dokter bedah-nya, minta harits mondok dulu, puasa dulu 4 jam (walah....ribet juga ya?), setelah dikamar rawat inap, disuruh pasang infus dan cek darah lengkap... gubraks... agak kaget juga, suami juga sempet heran, dikhitan aja kok mesti diinfus dan cek lab, yah.. tapi tetep nurut aja. Qodarulloh, pasang infusnya susah, 4 kali tusuk baru dapet. Harits jadi trauma, awalnya yang semangat banget ingin cepat dikhitan, jadi nangis-nangis. Bahkan ketika masuk IBS (Instalasi Bedah Sentral), masih nangis-nangis. Finally, berhenti nangis setelah disuntik obat bius.
Alhamdulillah, khitan cuma 15 menitan, setelah itu harits nangis sampe 2 jam-an di kamar. Tapi ketika dah sadar penuh, dah makan, dan dibelikan mainan sama abu harits, dia sudah mulai tenang. Biarpun kadang ngeluhkan nyeri di bekas khitannya (wajarlah..). Dan harits jadi "trauma" lihat perawat, mungkin karena paginya ditusuk-tusuk jarum terus, klo ada perawat yang masuk kamar, langsung teriak-teriak. Makanya aku sendiri yang lepas infus dan bersihkan luka bekas khitannya. Bersyukur ummu bisa ya nak.. klo nggak bisa, gimana coba? :P

Ortuku dan mertua tentu saja kanget ketika aku kabari harits dah dikhitan. Dulu kan pengennya harits khitan di rumah ortu aja, ntar diadakan acara syukuran dsb dsb. Alhamdulillah ortu sekarang dah paham juga, klo walimahan khitan tidak disyariatkan, jadi nggak protes ketika tahu kami nggak ngadain acara apa-apa di sini. Sebenarnya ortu pengen ke sini, tapi karena di rumah masih banyak acara, kayaknya lusa baru bisa dateng. Kata Beliau Harits dah dibelikan hadiah macem-macem (namanya juga kakek-nenek yang suayaanng banget cucu ^^).  

Alhamdulillahilladzi bi ni'matihi tatimush shaalihaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar